Tempat berbagi ilmu, informasi dan hiburan...

Pengaruh Penggunaan Antiseptik Bethadin dan Mercurochrom terhadap Rasa Nyeri pada Pasien Post Operasi Di Rumah Sakit Umum Tangerang

Tidak ada komentar
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Perawat mempunyai kontak paling lama dalam menangani persoalan klien (pasien) dan peran perawat dalam upaya penyembuhan klien menjadi sangat penting. Seorang perawat dituntut bisa mengetahui kondisi dan kebutuhan pasien.Termasuk salah satunya dalam mengendalikan kebutuhan emosi diri pasien, terutama pada pasien pre operasi dan post operasi. Seperti yang dikemukakan oleh perkumpulan dokter spesialis indonesia, bahwa tindakan operasi dapat menaikkan tingkat kecemasan pasien dan meningkatkan hormon pemicu stress.
Perawat profesional sebagai tenaga kesehatan yang dalam tugas pokoknya adalah memenuhi kebutuhan dasar klien harus mampu merespon dan bersikap secara profesional dalam mengendalikan kebutuhan emosi pasien. Karena perawat merupakan tenaga profesional terbesar dalam struktur ketenagaan rumah sakit yang akan ikut mewarnai mutu pelayanan kesehatan.
Nyeri adalah pengalaman sensori dan emosional yang tidak menyenangkan yang terjadi akibat dari kerusakan jaringan yang aktual dan potensial. Berkaitan dengan hal tersebut, nyeri yang dirasakan oleh individu yang mengalami post-operasi, bisa dari skala yang paling ringan hingga terberat. Kondisi ini dipengaruhi oleh bagaimana individu tersebut berespon terhadap nyeri, yang secara langsung berkaitan dengan kecemasan individu tentang nyeri yang dialaminya (Capernito,2001). Nyeri dapat timbul oleh berbagai stimuli (termasuk cemas/stress), tetapi reaksi terhadap nyeri tidak dapat diukur dengan objektif. Nyeri adalah pengalaman yang dipelajari oleh pengaruh dari situasi hidup masing-masing orang. Berdasarkan pengalaman peneliti bahwa pasien dan keluarga terlihat dari keluhan kecemasan yaitu dari raut wajah dan cara bicara. Berdasarkan data yang peneliti dapatkan bahwa rasa nyeri penggunaan antiseptik (bethadine dan mercurochrom) pada waktu ganti balutan pada pasien post operasi di Rumah Sakit Umum Tangerang selama dua minggu  adalah 50 orang yang mengalami nyeri. 
Berdasarkan pengalaman peneliti dalam melaksanakan pembersihan luka dengan antiseptik, respon dari pasien mengatakan ada yang merasa nyeri ada yang mengatakan tidak. Kebanyakan pembersihan luka post operasi di RSU Tangerang menggunakan antiseptik bethadine dan mercurochrom. Berangkat dari permasalahan yang terjadi di atas, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang Pengaruh Penggunaan  Antiseptik Bethadin dan Mercurochrom terhadap Rasa Nyeri pada Pasien Post Operasi Di Rumah Sakit Umum Tangerang

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah yang dikemukakan tersebut di atas, maka penulis mengajukan rumusan masalah sebagai berikut: “Belum diketahui apakah ada pengaruh penggunaan antiseptik bethadin dan mercurochrom terhadap rasa nyeri pada pasien post operasi di Rumah Sakit Umum Tangerang?”.

C.    Pertanyaan Penelitian
Adapun pertanyaan peneliti dalam studi ini adalah sebagai berikut : Apakah ada pengaruh penggunaan antiseptik bethadin dan mercurochrom terhadap rasa nyeri pada pasien post operasi di Rumah Sakit Umum Tangerang ?

D.    Tujuan Penelitian
1.      Tujuan Umum
Untuk mengetahui pengaruh penggunaan antiseptik bethadin dan mercurochrom terhadap rasa nyeri pada pasien post operasi di Rumah Sakit Umum Tangerang.

2.      Tujuan Khusus
a.       Untuk mengidentifikasi apakah ada pengaruh penggunaan antiseptik bethadin terhadap rasa nyeri pada pasien post operasi di Rumah Sakit Umum Tangerang.
b.      Untuk mengidentifikasi apakah ada pengaruh penggunaan antiseptik  mercurochom terhadap rasa nyeri pada pasien post operasi di Rumah Sakit Umum Tangerang.

E.     Manfaat Penelitian
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat, antara lain sebagai berikut :

1.      Bagi Peneliti
Memperoleh pengalaman dalam melaksanakan penelitian  tentang Pengaruh Penggunaan Antiseptik Bethadin dan Mercurochrom Terhadap Rasa Nyeri pada Pasien Post Operasi di Rumah Sakit Umum Tangerang.

2.      Bagi ruang rawat inap bedah RSU Tangerang
Memberikan kepuasan pada pasien terhadap penggunaan antiseptik  pada luka post operasi di Rumah Sakit Umum Tangerang dan menjadi bahan pertimbangan dalam penggunaan antiseptik pada penggantian balutan pasien post operasi

3.      Bagi Peneliti lainnya
Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan referensi untuk melengkapi penelitian yang lebih sempurna lagi, khususnya dalam penggunaan antiseptik terhadap rasa nyeri pada pasien dengan luka post operasi.

download contoh skripsi KESEHATAN MASYARAKAT

Tidak ada komentar :

Posting Komentar