Tempat berbagi ilmu, informasi dan hiburan...

MELAHIRKAN TANPA RASA SAKIT

Tidak ada komentar


Melahirkan dilakukan secara alami, tenang dan damai serta jauh dari rasa sakit. Hypnobirthing adalah salah satu jalan mudah, dan bisa mudah dipelajari oleh siapapun.

Hypnobirthing ?
Hypnobirthing adalah metode relaksasi dikhususkan untuk ibu hamil. Dengan metode ini seorang ibu hamil bisa mendapatkan relaksasi yang mendalam, baik secara fisik, nafas dan pikiran. Dalam keadaan relaksasi yang dalam, seorang ibu bisa masuk ke dalam alam bawah sadar. Dengan memasuki alam bawah sadar, ibu hamil dengan mudah mendapatkan suasana rileks, emosi stabil, nyaman dan bahagia. Inilah kondisi terbaik dalam persiapan menghadapi persalinan. Dan ibu hamil yang melatih diri melalui metode hypnobirthing, bisa dengan mudah meminimalkan rasa sakit tanpa penggunaan obat obatan.

Dengan kata lain, hypnobirthing adalah penggunaaan hypnosis untuk proses persalinan yang lancar dan alami. Selain berguna untuk mengurangi rasa sakit dan memperlancar proses persalinan. Hypnobirthing atau penggunaan hypnosis selama masa kehamilan bisa mencegah gangguan emosional baik saat sebelum persalinan ataupun setelah persalinan.

Ibu hamil bisa yang bisa masuk ke dalam alam bawah sadar tentu akan menjalin komunikasi efektif alias berbicara kepada si jabang bayi di rahim. Dan tentu saja jalinan kasih sayang kepada janin di dalam rahim akan terjalin sejak dini. Intinya manusia bisa mengkoordinasikan fungsi mind, body & soul (pikiran, tubuh dan jiwa) secara harmonis sehingga didapatkan perasaan bahagia dalam proses persalinan maupun saat masa kehamilan dan pasca melahirkan.

Manfaat hypnobirthing untuk Dokter / Bidan :
• Memberikan pelayanan kepada pasien secara menyeluruh holistic dan ekletik.
• Mendampingi persalinan lebih tenang (aura sehat)
• Melakukan hypnoanaesthesi pada saat melakukan penjahitan didaerah perineum, pasang implant / dapat mengurangi obat bius yang di pakai.
• Mencegah terjadinya komplikasi pada persalinan seperti pendarahan, BBRL dll
• Mengurangi resiko operasi.
• Membantu memperbaiki letak janin atau melepaskan lilitan tali pusat dengan teknik komunikasi.
• Meningkatkan produksi ASI.

Manfaat untuk Ibu :

• Mengajarkan relaksasi yang dalam untuk mengeliminasi stress serta ketakutan menjelang persalinan karena stress serta ketakutan menyebabkan ketegangan dan dapat meningkatkan rasa nyeri pada saat persalinan. Oleh karena itu ibu hamil bisa memanage atau mengurangi kadar rasa sakit saat melahirkan, meminimalisir stress, depresi saat masa melahirkan, karena ibu jauh lebih mudah mengontrol emosinya. Ibu mendapatkan rasa nyaman, ketenangan dan kebahagiaan karena persalinan yang lebih lancar. Mencegah kelelahan yang berlebihan saat proses persalinan, malah beberapa kasus meski habis mengejan namun wajah menjadi jauh lebih segar. Mengurangi komplikasi medis dalam melahirkan.

Manfaat untuk janin :
• Janin merasa ada kedekatan emosi dan ikatan batin lebih kuat, karena saat melakukan hypnobirthing ibu dan janin menjalin komunikasi bawah sadar, bayi yang dilahirkan relatif tidak kekurangan oksigen. Janin juga merasa damai dan mendapatkan getaran tenang serta pertumbuhan hormon melalui plasenta lebih seimbang.
• Menjadi generasi yang sehat, cerdas dan kreatif.

Manfaat untuk Suami :
• Merasa lebih tenang dalam mendampingi proses kelahiran, emosi kehidupan suami istri lebih seimbang, (karena ada wanita hamil yang bawaanya lebih sering marah marah, lebih egois dll) bisa diseimbangkan dengan hypnobirthing. Jika suami melakukan hypnobirthing ke istri ada jalinan emosi dan cenderung lebih mesra ke istrinya dan bisa mendekatkan dengan sang janin.


Penyebab Rasa Sakit dan Mekanismenya.

Nyeri atau rasa sakit dalam persalinan disebabkan karena kontraksi kuat selama menjelang persalinan. Ini adalah hal yang sangat alami. Setiap wanita mempunyai ambang rasa sakit yang berbeda beda. Rasa sakit yang di alami wanita A berbeda dari wanita B atau wanita C dan itu sudah alami.

Rasa sakit karena hal hal fisik dalam tubuh disebut fisiological pain. Namun ada penyebab rasa sakit yang kedua yaitu psychological pain, atau rasa sakit yang muncul karena emosi atau perasaan, yang disebabkan karena rasa takut dan tegang. Pertanyaannya, Kenapa rasa takut dan tegang menimbulkan kenyerian? Tak lain karena faktor sugesti negatif yang masuk ke alam bawah sadar. Dan salah satu hukum pikiran bawah sadar, bahwa pikiran bawah sadar tidak bisa membedakan antara kenyataan dan imaginasi. Cerita cerita, baik dalam sinetron, film atau ngerumpi tetangga, bahkan orang tua dan para praktisi kesehatan seringkali mengatakan bahwa melahirkan sangat sakit, akan bisa mempengaruhi wanita hamil seolah bahwa melahirkan akan berhadapan dengan rasa sakit yang tak terperikan dan tak tertahankan. Sugesti negative ini jika diyakini akan juga menimbulkan rasa sakit jenis kedua. Anda sebagai calon orang tua atau praktisi kesehatan sudah selayaknya tidak memberikan sugesti sugesti negative kepada pasien atau hanya sekedar bercerita, karena dengan begitu secara tidak langsung anda telah mempengaruhi pasien pasien anda dengan menanamkan bahwa melahirkan adalah hal yang menakutkan dan menyakitkan.

Dengan hypnobirthing rasa sakit bisa diminimalkan mekanismenya baik secara fisiologis maupun psikologis. Secara fisiologis saat wanita masuk relaksasi hypnosis, gelombang pikirannya masuk ke gelombang alfa frekuensinya 7-14 hertz atau lebih dalam lagi ke gelombang theta frekuensinya 3,5-7 hertz. ketika pikiran masuk ke gelombang ini, manusia menghasilkan zat endorphin alami yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit. Dan dalam hypnosis state ini, sistem metabolisme tubuh menjadi jauh lebih baik dan tubuh bebas dari ketegangan.

Sedangkan secara psikologis, segala selftalk negatif atau pengaruh negatif bisa dihilangkan dengan sugesti positif. Sehingga segala keyakinan keliru tentang persalinan bisa diganti dengan keyakinan yang lebih positif. akibatnya emosi lebih stabil, perasaan takut panik dan gelisah bisa dilenyapkan karena ada harmonisasi antara pikiran tubuh dan jiwa.

Pikiran bawah sadar (subconscious mind)
• Berperan 82 % terhadap fungsi diri rekaman di pikiran bawah sadar : Proses melahirkan sakit.
• Dipedalaman ibu hamil melahirkan prosesnya nyaman karena yang ada di rekaman pikiran bawah sadarnya : Proses melahirkan adalah alami dan nyaman.

Pikiran sadar (conscious mind)
• Menendalikan hanya 18% dari fungsi diri.
• Berfungsi : identifikasi, membandingkan, menganalisa, memutuskan (membandingkan fakta dengan fakta lain).

Siapapun bisa melakukan Hypnobirthing :

Setiap wanita bisa melakukan hypnobirthing. Prinsipnya adalah relaksasi pikiran, relaksasi nafas dan relaksasi tubuh. Relaksasi atau hypnobirthing ini bisa dilakukan oleh hypnotherapis, Dokter juga para medis kepada pasien sang ibu hamil, bisa juga dilakukan oleh suami (yang sudah mendapat pelatihan hypnobirthing) kepada istrinya saat masa hamil, bisa dilakukan oleh ibu hamil (self hypnosis) hanya dengan ikut pelatihan singkat.
Melakukan hypnobirthing hanya butuh pelatihan singkat, karena pada dasarnya upaya sinkronisasi antara mind body soul tidak sulit dilakukan oleh siapapun. Karena sebetulnya hypnosis adalah proses sehari hari yang disadari atau tidak disadari terjadi di sekitar kita, dan kita pun mengalami. Prinsipnya bagaimana kita bisa fokus, rileks dalam suasana tenang, dan kita sadar sepenuhnya.

Ada kekeliruan bahwa masuk ke kondisi hypnosis atau bawah sadar seolah olah kita jadi tidak sadar, bengong dll. Itulah kesalah fahaman yang selama ini dipegang oleh masyarakat. Karena memang banyak media yang meliput hypnosis dan hypnosis stage (pertunjukan hypnosis) dengan perspektif yang keliru.

Yang benar bahwa keadaan hypnosis atau masuk ke alam bawah sadar, sepenuhnya kita sadar. Jadi jangan samakan hypnosis untuk melahirkan seperti hypnosis dalam pertunjukan. Karena memang sangat berlainan. Kenapa seorang ibu hamil harus dilatih melakukan self hypnosis, karena supaya kapanpun ibu hamil menginginkan rileks. Ia bisa dengan mudah melakukan rileksasi atau self hypnosis untuk dirinya, sehingga ibu hamil jika mengalami keluhan fisik atau mental, dirinya bisa mengatasi dengan self hypnosis.

Teknik hypnobirthing

Ada berbagai teknik dalam hypnobirthing namun intinya masih seperti menghypnosis biasa yaitu Pre Induction - Induction - Deepening - Sugestion dan Termination.

Pre Induction
Merupakan suatu proses untuk mempersiapkan suatu situasi dan kondisi yang bersifat kondusif antara anda dan client. Agar proses pre induction berlangsung dengan baik, maka sebelumnya anda harus dapat mengenali aspek aspek psikologis dari client, antara lain : hal yang diminati, hal yang tidak diminati dan apa yang diketahui client tentang hypnosis. Pre induction dapat berupa percakapan ringan, saling berkenalan, serta hal hal lain yang bersifat mendekatkan anda dengan client. Pre induction merupakan tahapan yang bersifat kritis. Dan seringkali kegagalan proses hypnosis diawali dengan pre induction yang kurang tepat. Dalam tahap pre induksi ini ibu hamil juga dilatih tingkat kepekaan terhadap sugestibilitas, bisa dengan menggunakan alat atau tanpa alat. Salah satu alat yang digunakan adalah pendulum, caranya diamkan pendulum dan pandang pendulum lalu berkonsetrasi menggerakkan pendulum ke kanan ke kiri atau berputar hanya dengan memfokuskan pikiran. Cara lain tanpa alat yaitu dengan metode arm levitation yaitu mengangkat dua tangan lalu merasakan sugesti tangan kiri seolah ada sensasi balon hingga tangan kiri terangkat ke atas, tangan kanan ada sensasi membawa buku berat sehingga merasa tertarik ke bawah.

Induction
Adalah sarana utama untuk membawa seorang untuk berpindah dari conscious mind ke sub conscious mind. Secara sederhana, verbal induction adalah suatu rangkaian sugesti yang dibawakan secara persuasive sehingga membawa client berpindah dari conscious mind ke sub conscious mind. Salah satu caranya dengan menggunakan progresif relaksasi, progresif relaksasi yaitu relaksasi bertahap secara cepat dari ujung kepala secara bagian per bagian sampai ujung kaki. Berikut ini script dari Simple Progressive Relaxation:

• “Tutup mata anda… .tarik nafas panjang dan hembuskan dengan lepas… rasakan bersama hembusan nafas anda…. Anda memasuki relaksasi yang dalam…. Bahkan sekarang anda merasa mengantuk….. lepaskan saja… biarkan anda memasuki alam relaksasi jauh lebih dalam jauh lebih lelap dari sebelumnya….. makin dalam…. Makin lelap…. Makin nyenyak…. Tidur semakin nyenyak…..”
  
Deepening
Setelah induction dilakukan seringkali dilanjutkan dengan deepening yaitu suatu panduan imajinasi untuk membimbing client memasuki kondisi hypnosis yang lebih dalam. Bisa dilakukan dengan metode tangga, lift, hitungan atau lainnya. seiring dengan turunnya tangga, lift, atau hitungan maka relaksasi akan semakin dalam dari sebelumnya. Berikut adalah salah satu contoh script dalam deepening :

• “Saya akan menghitung dari 5 sampai 1…setiap hitungan akan membawa anda kealam relaksasi jauh lebih dalam dari sebelumnya…anda akan semakin nyenyak…semakin lelap….lima…tidurlah dengan lelap….empat…masuki alam relaksasi anda lebih dalam….bahkan berkalilipat lebih dalam……tiga….nikmati tidur anda….dua….anda benar-benar teritidur dengan sangat lelap dan alami…satu….silakan nikmati tidur lelap ini……makin lelap….makin nyenyak…makin dalam dari sebelumnya….”

Sugestion & Termination
Setelah memasuki kondisi yang lebih dalam, kita dapat memulai memberikan sugesti, bisa sugesti badan sehat dan perasaan gembira setelah melahirkan anak, maupun imajinasi bagaimana melahirkan dengan nyaman dan damai serta tenang. Methode sugesti bisa bermacam macam, bisa disesuaikan dengan keadaan emosi dan fisik client , namun jika client mengalami berbagi kasus trauma dan ketakutan yang berlebihan, memang perlu seorang hypnotherapist untuk membantu. Seorang hypnotherapist akan mencari permasalahannya dengan metode hypnoanalisis. Sugesti bisa berupa metafora sugesti, bisa dengan empowerment sugesti maupun berbagai kalimat afirmatif. Setelah itu proses ditutup dengan terminasi sambil memberikan instruksi untuk membuka mata dengan keadaan yang lebih segar dan bugar dari sebelumnya. Berikut adalah contoh Termination Script:

• “Dalam 5 hitungan anda akan bangun… kembali kekesadaran semula secara utuh sehat dan positif…. satu… tarik nafas panjang….. dua….. hembuskan dengan lepas…. tiga… rasakan anda semakin sehat semakin positif dan mulai kembali berada disini….. empat…anda semakin fresh…semakin segar…dan siap-siap untuk membuka mata….dan lima…..perlahan-lahan buka mata anda….”

Kapan memulai hypnobirthing ?

Tidak ada waktu atau kata terlambat untuk memulai hypnobirthing, bisa dilakukan dari trisemester pertama ataupun dari trisemester terakhir. Hanya saja jika ibu hamil tekun melakukan self hypnosis sejak usia kehamilan awal, ibu hamil bisa merasakan rileks jauh lebih baik, karena faktor sering dilatih. Ibu hamil bisa melakukan hypnobirthing sendiri, caranya gampang setelah tahu cara melakukan relaksasi pikiran bawah sadar, waktu yang bagus bisanya pagi atau malam hari, diiringi musik relaksasi yaitu musik yang tujuannya untuk menurunkan gelombang tubuh, lalu lakukan relaksasi dan visualisasikan kelahiran nyaman yang diinginkan dan berikan kalimat sugesti positif lalu akhiri dengan sugesti positif pula dan terminasikan diri anda buka mata dengan keadaan lebih segar dari sebelumnya.



Tulisan ini diadaptasi dari berbagai sumber dan masih butuh penyempurnaan dikemudian hari. Jika ada teman teman yang memiliki pengalaman atau pengetahuan lain atau hanya ingin bertanya-tanya tentang hypnosis dan hypnotherapy bisa menghubungi saya di, senang sekali jika saya bisa berdiskusi atau sekedar bertukar pikiran dengan anda..




Regards,

Tidak ada komentar :

Posting Komentar